Informasi Unsika National Innovation Challenge (UNIC)

Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) menyelenggarakan Unsika National Innovation Challenge (UNIC) sebagai sebuah program kompetisi nasional. Program ini tercipta sebagai upaya peningkatan corporate branding Unsika sebagai perguruan tinggi negeri yang berdaya saing.

Tujuan kompetisi ini menumbuhkan profil mahasiswa yang berkarakter, mengasah ide dan kreativitas mahasiswa dalam kemampuan complex problem solving terhadap kondisi perubahan zaman khususnya di era teknologi industri 4.0. Kegiatan ini didanai oleh Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Forum Rektor Indonesia (FRI). Unsika menjadi salah satu dari 55 universitas yang didanai berasarkan hasil seleksi 189 proposal.

Rektor Unsika, Prof. Sri Mulyani, mengatakan, program UNIC 2021 merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan visi Unsika melalui program kompetisi yang terbuka bagi mahasiswa S1/D4/D3 seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang pelaksanaannya dikoordinatori oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Kemahasiswaan, dan Alumni beserta tim.

 

Perlu diketahui, Universitas Singaperbangsa Karawang sebagai perguruan tinggi di Kabupaten Karawang memilik visi “Inovatif, kompetitif, dan unggul yang dijiwai budaya bangsa” visi unsika diwujudkan dengan menciptakan, menerapkan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berdaya guna dan berhasil guna.

UNIC 2021 di kategorikan menjadi 3 jenis perlombaan yaitu :

  1. Video Dokumenter yang akan memberikan wadah kepada para mahasiswa yang memiliki minat di bidang kreatif khususnya videography.
  2. Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang dapat meningkatkan kemampuan menulis dan literasi mahasiswa melalui usulan solusi berupa karya tulis ilmiah.
  3. Business Plan Competition yang akan menumbuhkan motivasi dan semangat mahasiswa dalam berwirausaha melalui inovasi dan kreasi produk. Selain itu, rangkaian acara akan ditutup dengan Seminar Nasional.

Apresiasi bagi para pemenang lomba nantinya akan mendapatkan total Hadiah 35 juta untuk menjaring antusias peserta yang lebih besar.

Pendaftaran akan dibuka secara nasional pada tanggal 28 Juli 2021, informasi pendaftaran dan kegaiatan dapat diakses pada laman https://sites.google.com/unsika.ac.id/unic2021.

Sumber : https://spiritnews.co.id/2021/07/09/perguruan-tinggi-negeri-yang-berdaya-saing-unsika-gelar-unic/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *