Lulusan perguruan tinggi dituntut memiliki pengetahuan akademik serta keterampilan berpikir. manajemen, dan komunikasi yang handal. Kekurangan salah satu dari keempat pengetahuan dan atau keterampilan tersebut menyebabkan berkurangnya mutu lulusan. Di samping itu, lulusan perguruan tinggi diharapkan mampu bersinergi yang akan tercermin dari kemampuannya dalam menemukan solusi atas persoalan yang dihadapi dengan cepat dan tepat. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, sejak menjadi mahasiswa mereka harus dibiasakan untuk berpikir dan berperilaku kreatif (unik dan bermanfaat) dan konstruktif (dapat diwujudkan).

Universitas Terbuka (UT) telah berupaya mendorong mahasiswa untuk ikut aktif dan berperan optimal dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan. Untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam. kegiatan inovasi dan kreativitas, UT merencanakan penyelenggaraan kegiatan lomba yang berskala nasional dalam bentuk Lomba Inovasi Pembelajaran dan Kreativitas Mahasiswa Tingkat Nasional (LIP-KMN) Tahun 2019. Kegiatan LIP-KMN ini diselenggarakan sesuai dengan standar aturan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi. Kegiatan ini juga melibatkan unsur Pemerintahan Kota Tangerang Selatan (lokasi kantor pusat UT), Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), Asosiasi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (APGPAUD), Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI-PGRI), Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA), dan Perkumpulan Pengelola Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Indonesia (PPPSPGSDI), dan Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan se-Indonesia (AP3KNI) sebagai mitra.

PENYELENGGARA: LIP-KMN 2019 akan diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UT.

TEMA: Tema LIP-KMN untuk mahasiswa PGPAUD, PGSD, dan PPKn Tahun 2019 adalah “Pembelajaran Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0”.

TUJUAN UMUM: Secara umum tujuan LIP-KMN adalah memandu mahasiswa menjadi pribadi yang (1) tahu dan taat aturan, (2) mandiri-kreatif-inovatif serta, (3) objektif-kooperatif dalam membangun ke-Bhinneka Tunggal Ika-an intelektual.

TUJUAN KHUSUS: Secara khusus tujuan LIP-KMN mencakup tiga hal berikut ini.

  1. Sosialisasi program pendidikan PGPAUD, PGSD, dan PPKn dalam mendidik generasi emas bangsa Indonesia,
  2. Menyediakan kesempatan kepada mahasiswa untuk berinovasi dan berkreasi sesuai bidang ilmu yang dimiliki dengan mengikuti peraturan yang ada,
  3. Memberikan kesempatan kepada pakar, profesional, dan administrator pendidikan untuk terlibat dalam pembinaan mahasiswa yang terkait dengan kemandirian, kreativitas, inovasi, dan kerjasama.

HASIL YANG DIHARAPKAN: Dari kegiatan LIP-KMN 2019 diharapkan dihasilkan sebagai berikut:

  1. Persosialisasinya program pendidikan PGPAUD, PGSD, dan PPKn yang penting dalam mendidik generasi emas bangsa Indonesia.
  2. Pahasiswa dari seluruh Indonesia berkesempatan menunjukkan kreativitas mereka dalam menghasilkan beragam karya yang inovatif dengan tetap berpedoman pada peraturan yang berlaku,
  3. Pakar dan profesional dari seluruh Indonesia serta administrator pendidikan di lingkungan wilayah kerja Tangerang Selatan yang mengedepankan inovasi, kemandirian, dan kreativitas mahasiswa.

WAKTU DAN TEMPAT: LIP-KMN 2019 direncanakan dilaksanakan bulan September-November 2019 di seluruh Indonesia. Calon peserta dapat melihat ragam lomba dan peraturan, mengunggah keikutsertaan (termasuk persyaratan administrasi dan dokumen yang akan dilombakan), serta melihat hasil seleksi di website www.fkip.ut.ac.id. Acara puncak akan dilakukan pada tanggal 23 November di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) di Kantor Pusat UT di Pondok Cabe, Tangerang Selatan dengan dihadiri oleh pemenang pertama seluruh lomba.

SELEKSI: Seleksi akan dilakukan secara berjenjang dalam empat tahap sebagai berikut:

  1. Tahap 1. Seleksi Administrasi
  • Seleksi administrasi dilakukan untuk melihat kesesuaian program studi (PGPAUD, PGSD dan PPKn) dan kesesuaian karya yang dilombakan dengan tema LIP-KMN 2019 (18 – 30 September), form pendaftaran isi disini,
  • Seleksi administrasi dimulai setelah peserta mengisi formulir pendaftaran (1 – 12 Oktober 2019),
  • Hasil seleksi diumumkan tanggal 13 Oktober 2019 di website www.fkip.ut.ac.id.
  1. Tahap 2. Penilaian Substansi Karya:
  • Peserta yang lulus seleksi administrasi meng-upload karya inovasi pembelajaran/video/foto/produk yang akan dilombakan dari tanggal 14-20 Oktober 2019 di website www.fkip.ut.ac.id pada menu LIP-KMN 2019.
  • Penilaian substansi karya inovasi pembelajaran/video/foto/produk dilakukan untuk menentukan karya yang layak untuk menjadi finalis,
  • Penilaian dilakukan dengan menggunakan instrumen yang telah ditetapkan,
  • Hasil penilaian diumumkan tanggal 28 Oktober 2019.
  1. Tahap 3. Penilaian Hasil Karya finalis:
  • Pada tahap ini dilakukan penilaian terhadap karya inovasi pembelajaran/video/foto/produk yang telah ditetapkan sebagai finalis,
  • Penilaian dilakukan dengan menggunakan instrumen yang telah ditetapkan (lihat Lampiran 1, 2, dan 3),
  • Penilaian dilakukan pada tanggal 29 oktober-15 November 2019 dan hasilnya diumumkan pada tanggal 16 November 2019 di website www.fkip.ut.ac.id pada menu LIP-KMN 2019,
  • Pemenang pertama dari seluruh lomba diundang untuk menerima penghargaan di UT Pusat pada tanggal 23 November 2019.

JENIS LOMBA: LIP-KMN akan melombakan tiga kelompok lomba (Pendidikan Karakter, Seni & Olahraga, serta Karya Nyata Inovatif) dengan total 10 jenis lomba (lihat Tabel 1).

Berikut disajikan penjelasan dari komponen penulisan pada Lomba Karya Tulis Ilmiah:

 

Tabel 1. Jenis Lomba

NO JENIS LOMBA PRODUK
Pendidikan Karakter (PKM-KARYA CIPTA)
1 Program Kepramukaan Laporan
2 Laboratorium Pembelajaran Laporan
3 Kepustakaan Laporan
4 Fotografi Aktivitas Sekolah dengan Tema : Sekolahku yang Membanggakan Foto
Seni dan Olahraga (PKM-KARYA CIPTA)
5 Seni Gerak/Tarian/Lagu untuk Pembelajaran Video + Sinopsis
6 Explorasi Permainan Tradisional untuk Pembelajaran Video + Sinopsis
Karya Nyata Inovatif (PKM-KEWIRAUSAHAAN DAN PKM PENERAPAN TEKNOLOGI)
7 Karya nyata Pembelajaran Inovatif Video + Sinopsis
8 Teacherpreuneur Penciptaan Prototype Berbagai Produk Bernilai Ekonomis Video + Sinopsis
9 Setting Kelas/Ruang Tema Inovatif Video + Sinopsis
10 Aplikasi Pembelajaran Produk

Pameran foto pembelajaran berkarakter Acara puncak dengan tema “Pembelajaran Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0” yang akan dihadiri oleh seluruh pemenang pertama dari seluruh lomba dilengkapi dengan pameran/exhibition.

Berikut ini susunan acara puncak LIP-KMN 2019.

  1. Teaching Education Award (Pemenang Lomba)
  2. Persembahan gelaran seni budaya
  3. Bintang tamu
  4. Bazar buku murah dan Alat Peraga Edukatif (APE)
  5. Gelaran produk Teacherpreuneur

 

Tabel 2. Jenis Kegiatan

NO KEGIATAN WAKTU
1 Panitia mempublikasikan Juknis lomba ke Disdik Provinsi Kab/kota/Asosiasi Program Studi secara langsung dan secara daring (online) melalui laman FKIP UT Agustus – September
2 Panitia melakukan proses pendaftaran peserta 18 – 30 September
3 Seleksi Administrasi 1 – 12 Oktober
4 Pengumuman lulus Seleksi Administrasi 13 Oktober
5 Upload dokumen bagi peserta yang lulus seleksi 14 – 20 Oktober
6 Penilaian karya 21 – 27 Oktober
7 Pengumuman lulus penilaian karya (finalis) 28 Oktober
8 Penilaian hasil karya finalis 29 Oktober – 15 November 2019
9 Penentuan Pemenang Lomba 16 November
10 Persiapan pemenang 1 pada Acara Puncak 17 – 21 November
11 Gladi resik di UTCC 22 November
12 Acara Puncak 23 November

PERLOMBAAN: Prinsip-prinsip Perlombaan

Ada sembilan prinsip yang diterapkan dalam LIP-KMN 2019 PGPAUD, PGSD, dan PPKn, sebagai berikut:

  1. Inovatif Pembaruan atau penemuan hal baru yang berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya.
  2. Orisinal Karya sendiri, bukan hasil dari plagiat
  3. Edukatif Menumbuhkan sikap sportivitas, kebersamaan, dan saling menghargai keunggulan setiap karya yang dihasilkan
  4. Kompetitif Membangun semangat dan daya saing antar guru PGPAUD, PGSD, dan PPKn,
  5. Objektif Penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteri yang jelas tidak dipengaruhi subjektivitas penilai
  6. Transparan Dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan dan dilaksanakan secara terbuka
  7. Akutanbel Dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yang berkepentingan
  8. Efektif Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tujuan
  9. Efisien Ketepatan cara, waktu, tenaga dan biaya sesuai yang direncanakan

Persyaratan Karya Inovasi Pembelajaran/Video/Foto/Produk

Karya yang diikutsertakan dalam LIP-KMN 2019 harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  1. Bersifat individual
  2. Satu guru hanya boleh mengajukan satu karya/kegiatan lomba
  3. Telah diimplementasikan pada proses pembelajaran/program kegiatan.
  4. Belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis baik secara nasional maupun internasional
  5. Bukan merupakan karya dalam penyelesaian tugas akhir studi, skripsi, tesis atau disertasi

Persyaratan Naskah Karya Inovasi Pembelajaran

  1. Naskah diketik mengikuti teknik dan sistematika penulisan yang ditentukan (lihat Tabel 3)
  2. Karya Inovasi pembelajaran yang dikirim berupa naskah dalam bentuk softcopy secara daring ke laman www.fkip.ut.ac.id

Persyaratan Karya Video

  • Karya lomba dalam bentuk video menggunakan standar media video dengan durasi maksimal 5 menit
  • Karya lomba dalam bentuk video dikirim dalam bentuk file video dengan ketentuan:
  1. Karya orisinal
  2. Merupakan program pembelajaran kreatif yang dikembangkan sendiri kelompok
  3. Video harus menampilkan situasi proses belajar mengajar
  4. Tidak melanggar HAKI
  5. Tidak mengandung unsur SARA

Persyaratan Karya Foto dan Produk 

  • Foto
  1. Ukuran 10R
  2. Berwarna/hitam putih
  3. Sesuai tema
  • Produk Inovatif
  1. Penjelasan proses pembuatan produk
  2. Deskripsi rinci jenis produk
  3. Manfaat produk
  4. Usulan HKI

Sistematika Penulisan

Penulisan Karya Inovasi Pembelajaran disyaratkan mengikuti sistematika sebagaimana yang dapat dilihat pada Tabel 3.

Tabel 3. Sistematika Penulisan Karya Inovasi Pembelajaran

KOMPONEN PENJELASAN
JUDUL
Abstrak
  1. Ditulis dengan huruf Times New Roman
  2. Singkat, jelas, padat, dan informatif
  3. Maksimum 20 kata
  4. Ada halaman judul 9
Pendahuluan
  1. Latar belakang
  2. Rumusan masalah
  3. Tujuan
  4. Manfaat
Landasan Teori
  1. Konsep/Teori yang melandasi karya inovasi pembelajaran
  2. Hasil inovasi yang relevan
Karya Inovasi Teknologi
  1. Ide Dasar
  2. Rancangan Karya Inovasi Pembelajaran
  3. Proses enemuan/pembaruan
  4. Aplikasi Praktis dalam pembelajaran
  5. Data hasil aplikasi praktis ionovasi pembelajaran
  6. Analisis data hasil aplikasi praktis inovasi pembelajaran
  7. Diseminasi
Penutup
  1. Simpulan
  2. Saran
Daftar Pustaka American Psychological Association (APA)
Lampiran
  1. Biodata
  2. Kartu Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)
  3. Fotokopi Ijasah yang dilegalisir oleh PT asal atau kepala sekolah

*NARAHUBUNG

           SITI HADIANTI : 0896 3660 8007

           SUHARTONO : 0812 8824 4614

UPLOAD LOMBA LIP-KMN2019

 

Sumber : http://fkip.ut.ac.id/index.php/lip-kmn2019/

Leave a Comment